Peranan Dan Dampak Negatif Kimia

Peranan Ilmu Kimia Dalam Bidang :
1.             Kesehatan
Untuk membantu penyembuhan pasien yang mengidap suatu penyakit, digunakan obat-obatan yang dibuat berdasarkan hasil riset terhadap proses dan reaksi kimia bahan-bahan yang berkhasiat yang dilakukan dalam cabang kimia farmasi.
2.             Pertanian
Untuk mengendalikan kesuburan tanah,
perlu dilakukan penambahan pupuk, sedangkan hama dapat diatasi dengan penambahan pestisida.
3.             Peternakan
Proses pengobatan hewan ternak (verterinary). Layaknya kedokteran manusia, kedokteran hewan juga pasti banyak aplikasi ilmu kimianya, terutama pembuatan dan pengobatan obat-obatan tertentu dan vaksin dalam menyembuhkan dan mencegah berbagai penyakit.
4.             Hukum
Bidang hukum secara tidak langsung memang tidak ada hubungan dengan ilmu kimia, namun peran ilmu kimia dalam bidang hukum ini dapat dirasakan ketika diberakukannya pemeriksaan peralatan bukti kriminalitas (kriminologi). Bagian tubuh tersangka dapat diperiksa dan memeriksa struktur DNA-nya karena struktur DNA setiap orang berbeda-beda. Pemeriksaan ini melibatkan ilmu kimia.
5.             Biologi
Proses kimia yang berlangsung dalam mahluk hidupmeliputi penceraan makanan, pernapasan, metabolisme, fermentasi, fotosintesis, dan lain-lain. Untuk mempelajari hal tersebut, diperlukan pengetahuan tentang struktur dan sifat senyawa yang ada seperti karohidrat, protein, vitamin, enzim, lemak, asam nukleat, dan lain-lain.
6.             Arsitektur
Bahan-bahan yang digunakan dalam bidang ini adalah adalah semen, kayu, cat, paku, besi, paralon (pipa PVC), lem, dan sebagainya. Semua bahan tersebut dihasilkan melalui riset yang berdasarkan ilmu kimia. Peran ilmu kimia dalam hal ini adalah agar bahan-bahan bangunan tersebut dapat diketahui kelebihan serta kekurangannya, sehingga dapat meminimalisir kecelakaan di kemudian hari.
7.             Geologi
Bidnag ini berkaitan dengan penelitian batu-batuan (mineral) dan pertambangan gas dan minyak bumi. Proses penentuan unsur-unsur yang menyusun mineral dan tahap pendahuluan untuk eksplorasi, menggunakan dasar-dasar ilmu kimia. Peran ilmu kimia dalam bidang ini untuk membantu memahami serta mengerti temua para peneliti tentang bebatuan atau “benda-benda” alam.











Contoh Dampak Negatif Ilmu Kimia:
1.             Terjadinya pencemaran air, udara, dan tanah yang banyak disebabkan oleh zat-zat kimia.
a.             Penggunaan detergen dan zat pembersih lainnya.
Detergen suka terurai sehinggan bila dibuang di tanah atau sungai dapat mengakibatkan pencemaran.
b.             Pembasmi serangga
Bisa bersifat beracun bagi hewan, manusia, dan tumbuhan.
c.             Penggunakan pupuk kimia
Dapat mengakibatkan pencemaran tanah, karena banyak terdapat zat kimia dalam pupuk.
2.             Banyak penyalahgunaan zat-zat kimia berbahaya dalam pembuatan berbagai makanan, yang apabila dikonsumsi dapat menimbulkan penyakit.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar